Ringkasan seputar Pengemasan
- Apa itu kemasan ?
kemasan secara umum adalah bagian terluar yang membungkus suatu produk dengan tujuan untuk melindungi produk dari cuaca, guncangan dan benturan-benturan, terhadap benda lain agar produk tetap "selamat" dan tidak rusak.
- Tujuan Pengemasan
Berikut adalah beberapa tujuan dari pengemasan :
Tujuan pengemasan yaitu :
1. Membuat umur simpan bahan pangan menjadi panjang
2. Menyelamatkan produksi bahan pangan yang berlimpah
3. Mencegah rusaknya nutrisi/gizi bahan pangan
4. Menjaga dan menjamin tingkat kesehatan bahan pangan
5. Memudahkan distribusi/pengangkutan bahan pangan
6. Mendukung perkembangan makanan siap saji
7. Menambah estetika dan nilai jual bahan pangan
-Manfaat dari kemasan
Manfaat pengemasan karya kerajinan, antara lain sebagai berikut:
1. Produk-produk yang dikemas biasanya lebih bersih, menarik, dan tahan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh cuaca.
2. Kemasan adalah satu-satunya cara sebuah perusahaan membedakan produknya dengan produk lain(ciri pembeda produk).
3. Kemasan yang menarik dapat memikat dan menarik perhatian konsumen (menambah daya tarik produk).
4. Kemasan juga dapat menambah nilai jual dari sebuah produk.
- macam-macam kemasan
berikut adalah contoh kemasan yang digunakan dari dulu hingga kini :
1. Kemasan Kertas
Kemasan kertas merupakan kemasan fleksibel yang pertama sebelum ditemukannya plastik dan aluminium foil.
kemasan kertas juga masih digunakan hingga kini
2. Kemasan Kayu
Kayu merupakan bahan pengemas tertua yang diketahui oleh manusia dan secara tradisional digunakan untuk mengemas berbagai macam produk. produk yang dikemas dengan kemasan kayu biasanya produk yang berat dan keras atau produk yang rawan rusak jika terbentur.
3. Kemasan Plastik
Kemasan plastik adalah kemasan yang paling banyak kita temui, karena dengan harganya yang murah dan efisien digunakan.
- Jenis-jenis Kemasan
Berdasarkan struktur isi, kemasan dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:
1. Kemasan Primer
, yaitu bahan kemas langsung mewadahi bahan pangan (kaleng susu, botol minuman, dll).
2. Kemasan Sekunder
, yaitu kemasan yang fungsi utamanya melindungi kelompok kemasan lainnya, seperti misalnya kotak karton untuk wadah kaleng susu, kotak kayu untuk wadah buah-buahan yang dibungkus dan sebagainya.
3. Kemasan Tersier
,yaitu kemasan yang diperlukan untuk menyimpan, pengiriman atau identifikasi. Kemasan tersier umumnya digunakan sebagai pelindung selama pengangkutan
- Kemasan Sebagai Media Promosi
Kemasan selain berfungsi sebagai sarana untuk melindungi produk, juga dapat berfungsi sebagai daya tarik untuk menarik konsumen agar memilih produk tersebut dibandingkan dengan produk pesaing. Karena itulah kini, produsen berupaya untuk dapat membuat tampilan kemasan yang semenarik mungkin.
Penggunaan kemasan sebagai sarana untuk menginformasikan program promo atau menjadi bagian dari program promosi juga sudah sering dilakukan pada berbagai kategori produk, baik itu makanan maupun toiletries. Pemanfaatan ini nampaknya kini, juga semakin sering dilakukan dilakukan oleh para produsen di kategori minuman.
Sukses tidaknya program promosi ini juga sangat bergantung pada menarik tidaknya kemasan kita dan kepedulian konsumen terhadap produk kita.